Sekilas Pandang

Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira berdiri sejak tahun 2007 berdasarkan Surat Keputusan Direktur  Jenderal  Pendidikan  Tinggi  No. 100/D/O/2007  dan telah  mendapat  Surat  Keputusan Perpanjangan Izin Operasional dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi yaitu

  • SK No. 1298/D/T/K-IV/2012 tahun 2012
  • Terakreditasi dari BAN-PT pada Tahun 2013 dengan Surat Keputusan No. 047/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/II/2013

Struktur Organisasi
Susunan Pengelola Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira (Akbid SBY)  Periode 2017-2021 :

    • Direktur                  : Dewi Sartika, SSiT., M.Kes
    • Pudir/wadir I         : Masayu Delta S. SST., M.Kes
    • Pudir/wadir II       : Hermanus E. M.Farm
    • Pudir/wadir III     : Dwi Linda Hastuti, SST., M.Kes
    • UPM                        : Wiwi Widiyanti, SST., M.Kes
    • Ketua Prodi            : Masayu Delta S. SST., M.Kes

Kurikulum
Proses  pendidikan  di Akbid SBY  menggunakan  kurikulum  perguruan  tinggi  berbasis  KKNI        sesuai   visi dan misi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum.
Kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan serta ruang lingkup program studi yang terkait dengan gelar akademik, disusun oleh pejabat yang berwenang dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku secara nasional.
Menurut Undang Undang no 12 tahun 2012, tentang Kurikulum berbunyi Kurikulum Pendidikan Tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum Pendidikan Tinggi sebagaimana dimaksud dikembangkan  oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, untuk  setiap program studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, ahlak mulia dan ketrampilan.

Karakteristik Program Studi
Pendidikan D III Kebidanan Akbid SBY merupakan pendidikan vokasional yang menghasilkan Bidan Pelaksana dengan gelar Ahli Madya Kebidanan (A.Md.Keb).
Kurikulum pendidikan D III Kebidanan Akbid SBY sejumlah 113 SKS terdiri dari Teori (T), Praktek (P), Klinik (K) dengan pembelajaran yang tersebar dalam 6 semester.

Beban dan Masa Studi
Sesuai dengan Kepmendikbud No 49 tahun 2014 tentang SN Dikti, jumlah SKS minimal pendidkan DIII Kebidanan adalah 108 SKS dan maksimal adalah 120 SKS. Di Akbid SBY Beban studi mahasiswa 113 SKS yang dijadwalkan 6 semester dan dapat ditempuh dalam waktu sekurang-kurangnya 6 (enam) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester setelah pendidikan menengah (sesuai Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No 44 Tahun 2015).
Pengertian 1 SKS bagi peserta didik pada masing-masing proses pembelajaran sesuai dengan (SNPT, 2014) adalah sebagai berikut:
1. Teori (T) : 1 SKS setara dengan:

  • Kegiatan belajar dengan tatap muka 50 (lima puluh) menit per minggu per semester
  • Kegiatan belajar dengan penugasan terstruktur 50 (lima puluh) menit per minggu per semester
  • Kegiatan belajar mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.

2. Praktikum (P) : 1 SKS setara dengan:

  • Kegiatan belajar tatap muka 100 (seratus) menit per minggu per semester
  • Kegiatan belajar mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.

3. Klinik (K) : 1 SKS setara dengan:
Kegiatan 160 (seratus enam puluh) menit per minggu per semester.

Kegiatan Proses Belajar

  • Kuliah teori di kelas dengan pengampu dosen sesuai dengan kompetensinya
  • Praktek laborat dibimbing oleh dosen-dosen Akademik sesuai dengan kompetensinya
  • Praktek Klinik Kebidanan di bimbing oleh CI Lahan sesuai dengan kompetensinya

Lahan Praktek
Dalam rangka mempraktekkan mahasiswa sesuai dengan kompetensi masing-masing semester, Akbid SBY mengadakan kerjasama (MOU) dengan : RSAL, RS Marinir, RSUD Cibinong, Puskesmas, RB, BPM, Klinik.
Untuk mempersiapkan praktek di  lahan, mahasiswa di bekali praktek laborat kebidanan serta di uji kompetensinya pada tiap semester.