e-book

Buku ajar yang dapat dipelajari dan dipahami dengan instan, sehingga meningkatkan informasi dan wawasan keilmuan untuk masyarakat umum dan khususnya di institusi Akbid SBY. Dan semoga para penulis senantiasa di Ridhoi Allah SWT Tuhan YME, amiin

Buka atau unduh disini : Pendidikan-Pancasila-min
Buka atau unduh disini : Pendidikan-Kewarganegaraan-min
Buka atau unduh disini : Pendidikan-Kewarganegaraan-min
Buka atau unduh disini : Agama Islam/Kristen/Katolik Klik Disini
Buka atau unduh disini : Bahasa-Indonesia
Buka atau unduh disini : Modul-Pembelajaran-SPSS-19-1
Buka atau unduh disini : Modul-Pembelajaran-SPSS-19-2
Buka atau unduh disini : Standards-for-Maternal-and-Neonatal-Care_WHO-min
Buka atau unduh disini : Prevention-of-Mother-to-Child-Transmiss-of-HIV-WHO
Buka atau unduh disini : Log-Book-Bidan
Buka atau unduh disini : buku-panduan-manajemen-asfiksia-bbl-untuk-bidan-min
Buka atau unduh disini : Buku-Saku-Pelayanan-Kesehatan-Neonatal-Esensial-min
Buka atau unduh disini : Pelatihan-Pelayanan-Obstetri-Neonatal-Emergensi-Dasar
Buka atau unduh disini : Leafplat-Kehamilan-min
Buka atau unduh disini : Buku-Ajar-Imunisasi
Buka atau unduh disini : buku-saku-pelayanan-kesehatan-ibu
Buka atau unduh disini : ponek-neonatal-esensial-min
Buka atau unduh disini : buku-saku-kesehatan-anak-indonesia-min
Buka atau unduh disini : Konsep-Kebidanan-dan-Etikolegal-dalam-Praktik-Kebidanan-Komprehensif-min
Buka atau unduh disini : Asuhan-Kegawatdaruratan-Maternal-Neonatal-Komprehensif-min

Pemicu Perdarahan Ibu Bersalin

Pemicu Utama Meninggalnya Ibu Saat Bersalin

Faktor pemicu utama meninggalnya ibu saat bersalin di Indonesia. Menurut data dari Direktorat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah perdarahan.

Kondisi perdarahan sebenarnya merupakan hal normal yang terjadi pada ibu saat dan setelah melahirkan. Seperti dikutip dari Bidanku, perdarahan postpartum atau perdarahan pasca melahirkan normal adalah perdarahan dengan jumlah lebih dari 500 ml setelah bayi lahir.

Jika perdarahan yang terjadi cukup berat, darah yang keluar dari tubuh ibu dalam jumlah di atas 500 ml. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena atoni uteri.

Kondisi Atoni Uteri yaitu ketika rahim yang seharusnya terus berkontraksi untuk mengeluarkan plasenta, tidak berkontraksi dengan baik.

Efeknya adalah perdarahan hebat terjadi dan sangat berbahaya bagi kondisi ibu. Dalam kasus ini pengawasan dokter harus dilakukan selama 24 jam secara intensif, tranfusi darah bisa jadi salah satu cara untuk menstabilkan kondisi ibu.

Selama bersalin ibu pasti kehilangan cukup banyak darah. Sistem dalam tubuh akan beradaptasi setelah kehilangan darah dalam jumlah banyak setelah persalinan. Namun sistem tersebut tak selamanya berjalan dengan baik dan ibu bisa mengalami perdarahan.

“Walaupun Tuhan telah mengatur fisiologis tubuh perempuan untuk dapat beradaptasi dengan kehilangan sejumlah darah saat kehamilan dan persalinan, namun tanggung jawab manusia 
sendiri untuk menjaga jumlah darah yang hilang dari tubuhnya agar tak melewati batas kemampuan tubuhnya,”

Read more

Artikel Kesehatan

Akibat Kurang Minum Air Putih

Air adalah komponen utama organ vital, seperti otak, hati, dan jantung,  air putih penting untuk tulang Anda dan bahkan ruang antara sel Anda. Itu sebabnya minum air putih terlalu sedikit bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut uraian 10 penyesalan yang akan terjadi jika kurang minum air putih;

Artikel Kebidanan

Resiko Persalinan Caesar
Dahulu, ibu-ibu kita saat melahirkan anak, mereka melahirkan secara normal, melalui jalan lahir (Pervaginal). Namun, akhir-akhir ini banyak dari ibu-ibu hamil yang melahirkan anak mereka melalui persalinan dengan cara pembedahan yang disebut Operasi Caesar.
Alasan mereka melakukan hal tersebut karena memang ada masalah medis, seperti kehamilan dengan riwayat Hipertensi, bayi kembar, kondisi panggul yang sempit, atau ukuran bayi yang terlalu besar.

Perubahan Data Mahasiswa & Alumni

Berdasarkan Update sistem informasi PDDIKTI di laman http://forlap.dikti.go.id dan Registrasi online Uji Kompetensi D3 Kebidanan di laman http://ukbidan.dikti.go.id Apabila data mahasiswa aktif maupun alumni ada refisi/perubahan (seperti nama mahasiswa, tempat tanggal lahir, tanggal lulus dll) harap melampirkan dokumen pendukung yaitu;

  1. Untuk mahasiswa yang aktif melampirkan :
    • Scan KTM, jika fotokopi harus ada legalisir.
    • Scan Ijazah SMU/Sederajat, jika fotokopi harus ada legalisir.
  1. Untuk mahasiswa yang telah lulus/alumni melampirkan :
    • Scan Akta Kelahiran ASLI/Berwarna.
    • Kartu Keluarga ASLI/Berwarna.
    • Scan KTP ASLI/berwarna.
    • Scan Transkrip Nilai ASLI/berwarna.
    • Scan Ijazah (Pendidikan Terakhir) ASLI/berwarna, jika berupa fotocopy mohon dilegalisir/cap basah dari pejabat berwenang.

Artikel Umum

Cara Belajar Yang Efektif
Setiap orang pasti menginginkan untuk menjadi orang yang pintar. Tidak ada cara lain untuk menjadi pintar selain belajar. Belajar adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh orang yang ingin mejadi pintar. Namun adakalanya banyak orang yang sudah mengisi waktunya untuk belajar namun tetap saja nilai-nilai mereka disekolah atau perguruan tinggi masih belum memuaskan. Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika kita sudah berusaha namun tetap saja hasil yang dicapai kurang memuaskan.
Berikut ini adalah cara belajar yang efektif dan efisien yaitu :

1. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar
Memilih waktu yang tepat untuk belajar sangatlah penting. Jika kita salah memilih waktu belajar yang ada hanyalah hal yang kita pelajari akan susah untuk dicerna. Dan waktu yang tepat untuk belajar adalah :

Read more