Artikel Umum

Cara Belajar Yang Efektif
Setiap orang pasti menginginkan untuk menjadi orang yang pintar. Tidak ada cara lain untuk menjadi pintar selain belajar. Belajar adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh orang yang ingin mejadi pintar. Namun adakalanya banyak orang yang sudah mengisi waktunya untuk belajar namun tetap saja nilai-nilai mereka disekolah atau perguruan tinggi masih belum memuaskan. Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika kita sudah berusaha namun tetap saja hasil yang dicapai kurang memuaskan.
Berikut ini adalah cara belajar yang efektif dan efisien yaitu :

1. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar
Memilih waktu yang tepat untuk belajar sangatlah penting. Jika kita salah memilih waktu belajar yang ada hanyalah hal yang kita pelajari akan susah untuk dicerna. Dan waktu yang tepat untuk belajar adalah :
Jam 19.30 setelah menjalankan shalat isya.
Jam 03.00, bagi yang beragama islam cobalah biasakan untuk shalat malam jam 2.30 setelah itu dilanjut belajar cukup 30 menit atau 1 jam saja. Waktu ini otak masih refresh dan akan memberikan manfaat yang luar biasa.
Jam 04.30, setelah shalat subuh. Waktu ini juga tepat untuk belajar sebelum melakukan aktifitas berikutnya. Cukup 30 Menit saja.

2. Buat Jadwal Yang Pasti dan Konsekuen Dengan Jadwal Tersebut
Buatlah jadwal rutin untuk belajar, tidak harus selama 7 hari dalam seminggu kita membuat jadwal belajar. Adakalanya kita perlu refresing. Di arankan untuk membuat jadwal belajar 5 hari dalam seminggu dari hari senin sampai jum’at saja. Buatlah jadwal mulai dari waktu dan materi apa yang akan dipelajari dalam waktu tersebut. Konsekuenlah dengan jadwal yang telah dibuat. Jika perlu tempel jadwal didepan pintu kamar tidur kita.

3. Pahami Karakteristik Pelajaran/Mata Kuliah Yang Ingin Dipelajari
Memahami karakteristik materi yang akan kita pelajari adalah hal yang penting. Misalkan kita ingin belajar matematika maka yang harus dilakukan adalah perbanyak mengerjakan soal dan mencari rumus-rumus baru yang mudah untuk kita gunakan. Berbeda jika ingin belajar bahasa Indonesia maka kita harus membaca materi yang ada secara berulang. Karena jarang sekali orang yang bisa memahami dan mengingat dengan hanya 1 kali membaca saja. Setiap mata pelajaran/Mata Kuliah memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Maka pahamilah karakteristik tersebut agar dapat belajar dengan efektif.

4. Carilah Point-Point Penting Pelajaran/Mata Kuliah
Saat belajar tidak perlu semuanya kita pelajari. Karena terkadang banyak buku atau modul yang isinya banyak namun intinya hanya sedikit. Cobalah untuk belajar dengan cara mengambil point-point yang sekiranya penting. Setelah menemukannya maka pelajarilah point-point tersebut secara berulang sampai benar-benar paham. Jika kita terbiasa melakukannya maka semakin lama kita akan terbiasa dan dapat dengan mudah menemukan point-point penting tersebut. Contoh point-point penting adalah hal yang sering disampaikan oleh dosen saat memberikan materi.

5. Jangan Terpaku Pada Modul Yang Diberikan Oleh Dosen
Ilmu itu bisa didapat dengan banyak cara dan tidak hanya dari modul atau buku yang diberikan oleh dosen. Kita harus mencari referensi lain seperti dari internet ataupun tukar pikiran dengan orang lain. Jika kita hanya terpaku pada modul/buku yang diberikan oleh dosen maka kita tidak akan mendapatkan ilmu baru.
6. Membuat Kelompok Belajar
Ada kalanya kita aka bosan jika hanya belajar sendirian. Selain itu saya yakin kita akan merasakan saat kita tidak bisa mengerjakan sesuatu seperti megerjakan tugas ataupun PR sendirian. Maka ada baiknya kita mempunyai kelompok belajar. Mungkin terkesan seperti anak SD atau SMP, tetapi dengan kelompok belajar kita akan lebih semangat belajar dan bisa bertukar ilmu dengan teman dalam kelompok tersebut.

Setiap orang mempunyai sifat dan karakter yang berebeda. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika selama mencoba melakukan tips ini sesuaikanlah dengan karakter dan sifat kita masing-masing.

Leave a Comment